Langsung ke konten utama

KOMPUTASI MODERN

Pengertian Komputasi

Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah daKomputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). 

Dalam penggunaan secara umum, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
  
1.    Akurasi
2.    Kecepatan
3.    ProblemVolume Besar
4.    Modelling
5.    Kompleksitas

Contoh Dalam Web Perusahaan

   Setelah mengetahui arti dari komputasi modern, disini akan diambil contoh website yang mengaplikasikannya. Sebagai contoh disini digunakan website dari perusahaan


Traveloka
Traveloka adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket online pesawat dan hotel dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka. Kehadiran Traveloka menjawab kebutuhan masyarakat atas proses pemesanan tiket dan hotel yang mudah dan praktis. Saat ini Traveloka didukung oleh 144 tenaga professional ahli dengan latar pendidikan dari dalam dan luar negeri. Dengan begitu mereka semakin mampu menciptakan berbagai inovasi mengembangkan pelayanan sehingga semakin baik. Agar masyarakat semakin mengenal Traveloka, Ferry sedang gencar melancarkan promosi dan marketing, menggunakan jejaring sosial seperti Website dan Twitter dan media televisi.
Situs ini sudah diakses oleh lebih dari 150.000 kunjungan dan berhasil menjual puluhan ribu tiket setiap harinya. Traveloka berhasil unggul dan menjadi situs booking pesawat nomor satu di Indonesia dengan berbagai tawaran yang menarik. Diantaranya adalah memberikan pilihan harga tanpa membebankan biaya Transasksi kepada konsumen, pelayanan 24 jam melalui email, telepon dan media sosial dan metode pembayaran yang beragam sehingga memudahkan customer. Fokus dari Traveloka saat ini adalah mempertahankan dan membesarkan bisnis agen perjalanan dengan membuat desain web semenarik mungkin sehingga lebih mudah dipahami oleh konsumen.
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang penerapan komputasi modern di website Traveloka.com yang berbasis layanan jasa pemesanan tiket pesawat dan hotel di seluruh dunia.
Halaman Utama Website :

Pada halaman utama terdapat beberapa halaman yang diantaranya Hotel, tiket, login, dan Register. Selain itu dilengkapi pula dengan menu – menu bantuan seperti cara pesan dan cek pemesanan. Di bagian body website dari Traveloka menginformasikan kepada pengunjung bahwa perusahaan mereka memiliki rekan bisnis yang sudah terbukti kredibilitasnya, mulai dari perusahaan penerbangan sampai dengan perusahaan yang mengurus pembayaran.
Salah satu plugin terbaru dari Traveloka adalah promo quick finder, dimana plugin ini memberikan informasi harga termurah dari hasil pencarian selama 48 jam terakhir dengan cara mengklik tanggal yang diinginkan.


Pada halaman ini juga selalu terdapat selogan kenapa tiket pesawat dan hotel di Traveloka selalu murah? Jawabannya karena :

Pada bagian footer di website ini memberikan informasi tentang rute penerbangan dan destinasi hotel terpopuler.
Pada halaman Hotel taveloka menyediakan form pengisian yang user frendly. Tujuan serta waktu menginap dituangkan dalam form yang mudah diakses oleh siapa saja.


Ketika kita menginput tujuan,serta waktu menginap maka traveloka menawarkan pilihan hotel untuk kita. Pada halaman ini traveloka memberikan filter berupa harga dan fasilitas hotel kepada pengunjung.


Traveloka langsung mengkalkulasikan harga hotel yang harus dibayar berdasarkan lamanya waktu menginap.
Beralih ke halaman Tiket Pesawat, tentunya setiap layanan website menawarkan kemudahan kepada penggunanya. Traveloka menawarkan isian form yang terperinci mulai dari kota asal, kota tujuan, waktu penerbangan, serta pilihan jumlah penumpang.



Setelah diarahkan ke halaman pencarian maskapai, Traveloka menawarkan beberapa maskapai dengan harga serta waktunya. Halaman ini dilengkapi dengan filter yang bisa digunakan untuk memilih maskapai dengan harga dan waktu yang diinginkan. Banyak filter yang ditawarkan seperti harga, transit, maskapai,serta waktu. Dari beberapa filter tadi pengguna bisa mengurutkan pilihan maskapai dari waktu berangkat, tiba, durasi, seta harga perorang.
Traveloka juga menawarkan beberapa rute penerbangan ke luar negeri. Website ini juga menawarkan destinasi dunia terpopuler.


Terdapat tiga menu layanan baru dari Traveloka yaitu :
  • Pemesanan Tiket Kereta Api
  • Pulsa dan Internet
  • Aktivitas dan Rekreasi
Disamping kemudahannya memilih maskapai, website ini sedikit slow respon karena terlalu banyak fitur filter yang ditawarkan, website terlalu banyak meload data data yang ada untuk ditampilkan.
Dari review tentang penerapan komputasi modern perusahaan jasa pemesanan tiket Traveloka dapat disimpulkan :
Penerapan komputasi modern di perusahaan jasa pemesenan tiket yaitu Traveloka, memudahkan pelanggan untuk memesan tiket pesawat atau hotel di website tersebut dengan efisien waktu dan hanya login sebagai anggota pelanggan dari website tersebut kita dapat memesan tiket yang di inginkan. Tampilan pada website Traveloka yang terlihat modern dan banyak filter layanan membuat pelanggan contohnya seperti saya tidak kebingungan saat mengakses situs website tersebut namun di samping kemudahanya memilih maskapai, website ini sedikit slow respon dikarenakan terlalu banyak fitur filter yang ditawarkan, website terlalu banyak meload data-data yang ada untuk di tampilkan dan menginput data dari pelanggan di database website tersebut.
Kelebihan :
  1. Traveloka menawarkan harga yang kompetitif
  2. Menawarkan pilihan pembayaran yang beragam
  3. Mempunyai fitur filter yang kompleks
  4. User friendly
  5. Menawarkan harga yang cenderung lebih murah dari website lain
  6. Selalu menawarkan promo kepada costumer
  7. Menawarkan hasil pencarian terlengkap
  8. Jaminan keamanan dalam bertransaksi karena menggunakan teknologi SSL dari RapidSSL dengan sertifikat rerotentikasi.Mempunyai fitur quick finder
Kekurangan :
  1. Karena fitur pencarian yang terlalu kompleks, website sedikit lambat dalam meload data
  2. Website ini lebih cenderung ke booking domestik

Sumber :       




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesenian Tari Topeng Jawa Barat

Kesenian Tari Topeng Tari topeng adalah salah satu tarian tradisional yang ada di Cirebon. Tari ini dinamakan tari topeng karena ketika beraksi sang penari memakai topeng. Konon pada awalnya, Tari Topeng diciptakan oleh sultan Cirebon yang cukup terkenal, yaitu Sunan Gunung Jati. Ketika Sunan Gunung Jati berkuasa di Cirebon, terjadilah serangan oleh Pangeran Welang dari Karawang. Pangeran ini sangat sakti karena memiliki pedang Curug Sewu. Melihat kesaktian sang pangeran tersebut, Sunan Gunung Jati tidak bisa menandinginya walaupun telah dibantu oleh Sunan Kalijaga dan Pangeran Cakrabuana. Akhirnya sultan Cirebon memutuskan untuk melawan kesaktian Pangeran Welang itu dengan cara diplomasi kesenian. Berawal dari keputusan itulah kemudian terbentuk kelompok tari, dengan Nyi Mas Gandasari sebagai penarinya. Setelah kesenian itu terkenal, akhirnya Pangeran Welang jatuh cinta pada penari itu, dan menyerahkan pedang Curug Sewu itu sebagai pertanda cintanya. Bersamaan de

Perusahaan yang bergerak dalam bidang Informatika

Sebelum kita masuk ke dalam materi pembahasan kita kali ini, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu bisnis dan bisnis dalam bidang Informatika. Bisnis Pengertian Bisnis secara umum   adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu  “business”  yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang. Tujuan Bisnis Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut: ·          Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis. ·          Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. ·      

Jenis Jenis Game

1. Time Strategi atau sering disingkat RTS  adalah jenis game peperangan yang biasanya meminta pemainnya untuk mengatur strategi yang baik untuk memenangkan permainan. Dalam game tersebut Anda sebagai seorang pemain harus mampu mengelola sebuah negara atau tim yang Anda pilih, baik SDM-nya, SDA-nya, perekonomiannya, pemerintahannya, dan masih banyak lagi. Dalam game ini Anda diharapkan dapat mengambil keputusan yang bijak agar Negara yang Anda pimpin bisa lebih maju daripada yang sebelumnya. Keputusan yang Anda ambil akan menentukan kemajuan dari negara atau tim yang Anda pimpin. Contoh dari game RTS adalah Age of Empire, Rise of Nations, dan Warcraft. 2. First Person Shooter (FPS) First person shooter atau dikenal dengan singkatan FPS adalah jenis game online yang berhubungan dengan tembak-menembak dengan sudut pandang orang pertama. Dalam permainan ini Anda bisa memilih sendiri karakter yang ingin Anda mainkan karena setiap karakter memiliki kemampuan yang berb