Langsung ke konten utama

SISTEM TERDRISTRIBUSI


Sistem Terdistribusi
Sistem terdistribusi terdiri dari dua kata yaitu “Sistem” dan “Terdistribusi”. Pengertian Sistem merupakan sekumpulan unsur atau elemen yang saling bekerjasama menjalankan suatu proses untuk menghasilkan suatu tujuan tertentu, sedangkan Terdistribusi berasal dari kata “distribusi” yang berarti proses  penyaluran barang dari produsen sampai ke konsumen.
 Jadi, Sistem terdistribusi merupakan sekumpulan elemen atau unsur yang saling bekerjasama untuk mendistribusikan data.
Selain itu, sistem terdistribusi dapat dikatakan sebagai suatu keberadaan beberapa komputer yang bersifat transparan dan normal, dan setiap sistem terdistribusi mengandalkan layanan yang disediakan oleh jaringan komputer.
Dalam penggunaanya sistem terdistribusi sangat diperlukan karena :
·         Performance
Sekumpulan prosesor dapat menyediakan kinerja yang lebih tinggi dari pada komputer yang terpusat
·         Distribution
Banyak aplikasi yang terlibat, sehingga lebih baik jika dipisah dalam mesin yang berbeda (contoh: aplikasi perbankan, komersial)
·         Reliability
Jika terjadi kerusakan pada salah satu mesin, tidak akan mempengaruhi kinerja system secara keseluruhan
·         Incremental Growth
Mesin baru dapat ditambahkan jika kebutuhan proses meningkat
·         Sharing Data/Resource
Resource adalah:
Segala hal yang dapat digunakan bersama dalamjaringan komputer. Meliputi hardware (e.g. disk, printer, scanner), juga software (berkas,basis data, obyek data).
·         Communication
Menyediakan fasilitas komunikasi antar manusia
Ruang Lingkup
1.      Database
Sebagian besar fungsi dari sistem terdistribusi adalah untuk melakukan manajemen terhadap data yang sangat besar
2.      Jaringan Komputer
Untuk menghubungkan komputer-komputer yang akan membentuk sebuah sistem terdistribusi
3.      Keamanan Jaringan
Melindungi data dari segala kemungkinan serangan cyber
4.      Sistem Operasi
Penghubung antara programmer ataupun pengguna sistem terhadap perangkat keras sistem terdistribusi
5.      Algoritma terdistribusi
Fokus utama adalah pada koordinasi sistem operasi terdistribusi
6.      Sistem Komputer
Berfungsi untuk mengetahui performansi yang mungkin dicapai oleh komputer-komputer yang ada pada sistem terdistribusi
7.      Media Penyimpan Terdistribusi
8.      Kolaboratif komputasi
9.      Konsep Cluster
10.  Middleware
Contoh Sistem Terdistribusi :
1.      Intranet
Itranet adalah  Jaringan (proprietary) yang teradministrasi secara lokal dan bisa terhubung ke internet melalui firewall juga adanya layanan internal dan juga eksternal didalamnya.
2.      Internet
Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer satu sama lain dan bisa berkomunikasi dengan media IP sebagai protokol.
3.      World Wide Web
World Wide Web (www) Arsiteketur client/server terbuka yang diterapkan di atas infrastuktur internet dan juga shared resources melalui URL.
4.      Mobile dan sistem komputasi ubiguitos
Sistem telepon Celullar (e.g. GSM) re. Resources yaang dishare : frekuensi radio, waktu transmisi dalam satu frekuensi, komputer laptop, bergerak, handheld devices, ubiquitos computing, PDA, etc
5.      System terdistribusi ini biasanya digunakan pada infrastruktur internet
-karakteristik. Sumber data yang heterogen dan juga memerlukan sinkronisasi secara real time
-video, audio, text Multicast. -Teletaching tools (mbone-based, etc.)
-Video-conferencing
-Video and audio on demand



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesenian Tari Topeng Jawa Barat

Kesenian Tari Topeng Tari topeng adalah salah satu tarian tradisional yang ada di Cirebon. Tari ini dinamakan tari topeng karena ketika beraksi sang penari memakai topeng. Konon pada awalnya, Tari Topeng diciptakan oleh sultan Cirebon yang cukup terkenal, yaitu Sunan Gunung Jati. Ketika Sunan Gunung Jati berkuasa di Cirebon, terjadilah serangan oleh Pangeran Welang dari Karawang. Pangeran ini sangat sakti karena memiliki pedang Curug Sewu. Melihat kesaktian sang pangeran tersebut, Sunan Gunung Jati tidak bisa menandinginya walaupun telah dibantu oleh Sunan Kalijaga dan Pangeran Cakrabuana. Akhirnya sultan Cirebon memutuskan untuk melawan kesaktian Pangeran Welang itu dengan cara diplomasi kesenian. Berawal dari keputusan itulah kemudian terbentuk kelompok tari, dengan Nyi Mas Gandasari sebagai penarinya. Setelah kesenian itu terkenal, akhirnya Pangeran Welang jatuh cinta pada penari itu, dan menyerahkan pedang Curug Sewu itu sebagai pertanda cintanya. Bersamaan de

Perusahaan yang bergerak dalam bidang Informatika

Sebelum kita masuk ke dalam materi pembahasan kita kali ini, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu bisnis dan bisnis dalam bidang Informatika. Bisnis Pengertian Bisnis secara umum   adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu  “business”  yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang. Tujuan Bisnis Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut: ·          Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis. ·          Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. ·      

Jenis Jenis Game

1. Time Strategi atau sering disingkat RTS  adalah jenis game peperangan yang biasanya meminta pemainnya untuk mengatur strategi yang baik untuk memenangkan permainan. Dalam game tersebut Anda sebagai seorang pemain harus mampu mengelola sebuah negara atau tim yang Anda pilih, baik SDM-nya, SDA-nya, perekonomiannya, pemerintahannya, dan masih banyak lagi. Dalam game ini Anda diharapkan dapat mengambil keputusan yang bijak agar Negara yang Anda pimpin bisa lebih maju daripada yang sebelumnya. Keputusan yang Anda ambil akan menentukan kemajuan dari negara atau tim yang Anda pimpin. Contoh dari game RTS adalah Age of Empire, Rise of Nations, dan Warcraft. 2. First Person Shooter (FPS) First person shooter atau dikenal dengan singkatan FPS adalah jenis game online yang berhubungan dengan tembak-menembak dengan sudut pandang orang pertama. Dalam permainan ini Anda bisa memilih sendiri karakter yang ingin Anda mainkan karena setiap karakter memiliki kemampuan yang berb